Minggu, 28 Januari 2018

Pengertian Adobe Audition



Pengertian Adobe Audition 

Adobe Audition adalah multitrack digital audio recording, editor dan mixer yang udah digunakan dan memiliki berbagai fasilitas pengolahan suara. Dengan Adobe udition Anda dapat merekam suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format. Adobe Audition banyak digunakan oleh musician recording master, demo cd, produser atau programing stasiun radio. Secara umum Adobe Audition memiliki dua lingkungan yaitu Edit View and Multitrack. View. Edit View sesuai namanya ditujukan terutama untuk menangani editing satu waveform saja pada satu saat. Sementara Multitrack View dapat menangani beberapa waveform sekaligus pada beberapa track. Anda dapat menggunakan kedua lingkungan ini secara bergantian pada tampilan terpisah.
1. Merekam Suara
- Mengatur peralatan untuk merekam, pastikan kabel mic telah terpasang pada soundcard dengan benar telah di aktifkan. kemudian membuat file baru dengan file>new.
Atur setingnya sesuai dengan sumber suaranya dan akhiri dengan tombol ok. berikutnya anda dapat merekam suara dengan menekan recod di bagian bawah layar. dan hentikan dengan menekan tombol record sekali lagi.
setelah itu anda dapat menyimpan hasilnya dengan file>save as
kemudian pilih tipenya ACM waveform dan aturlah setingnya dengan menekan tombol options.
2. Mengurangi Noise
kadang pada saat merekam suara muncul suara yang tidak di harapkan, misalnya suara kipas angin atau AC. anda dapat melihat tampilan awal klip terdapat noise yang akan menimbulkan suara berisik ketika di mainkan.
untuk itu anda dapat menguranginya dengan cara menyeleksi bagian yang hanya terdapat noise yang akan di hilangkan dan tidak terdapat suaras lainnya.
kemudian gunakan menu effect> noise reduction> noise reduction


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJW9GHtMLR-gMpQHXnPWZpK8FhaqRWB_bcS1Y7pW5ZQLBLVKiLVbdOiIQPog20DPXcKUaXdpunrKa83WbzpJJMLkfWBio8Pgpf5xhBKDSW3Sv2ZNTXDXh2P57CtqkhAiMcME8DKG3LM1Q/s320/Untitled-2.jpg
3. Menambah/mengurangi volume
anda dapat mengurangi/menambah volume waveform dengan menu effect>amplitude>amplify.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVVXCbF9NDTwnseA2vN12jTBZJ9yVeMkqtFe2nmzuAutS5Pv4ep1ULYNBRRH1vVN71ooMnB1_4qpUycwpcp51MJ-7TOPyNyBfBVobTRsECKsihWZqaPHJx3LLeSComxpXEft0tgg6q2mc/s320/Untitled-5.jpg


4. Menambah effect suara
untuk itu anda dapat menyeleksi dahulu atau sebagian waveform kemudian gunakan menu effect>delay effect>echo.

1.    Mengenal tampilan edit view
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1H0_vSrMvUWblvtbg_IXwFgLeb_cueYi5eXGkv0POp7tiQv5faWLJtfRsbkSvYhyphenhyphen5DTsVNsnEdC2gW5fH_0FF25K4g9BUEkleslaGvLYOrmefUCQLh0HVRbsfeKqekWWGixtBu1KTm1s/s320/screenshot-7.jpg
2. Memainkan file suara
3. Menggunakan Zoom
4. Menggunakan Horizontal Zoom
5. Menggunakan Vertikal Zoom
6. Menyeleksi Waveform
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaVMZLyhHo0kR3Dxf0bbOkyfZxkKAAFJJKYr2BhWhiEb6pa31BO_aNi6-_QXcIC-msIeZU79ScedcuakQxudFvz9_NbK3dEpxA2YaDDerqpNpqg_bj3g3LdFUUkKDsaEKYpbjk49atRI0/s320/01-entire+side+of+LP+with+five+tracks.gif
7. Melakukan Editing dasar
8. Cut
9. Paste
10. Mix Paste


  Untuk mengatur Efek yang diinginkan dapat dilakukan dengan memilih fungsi yang tersedi pada   
  Menubars kemudian klik. Contoh dibawah ini mengunakan pilihan Filters. Filter digunakan untukmenyaring  
  atau mengatur suara yang dikehendaki. Untuk melakukan pemfilteran dengan cara sebagai berikut:
-            Arahkan pointer mouse ke Menu Bars
           Effects
           Filters
           Graphic Equalizer
  Selanjutnya pilih Graphic Equalizer lalu klik
           Garis Frekuensi
           Garis Phase
  Gambar 55. Graphic Equalizer 10 band (1 Octave)
  Pilihan yang tersedia pada Graphic Equalizer ada 10 bands (1 Octave), 20
  bands (1/2 Octave) dan 30 bands (1/3 Octave)

-       Amplitude
Amplitude digunakan untuk mengubah amplitudo (tingkat volume) dari file audio atau rentang   yang     dipilih.
Menu pada Amplify
1.       Amplify  untuk membuat dan mendengar penyesuaian amplifikasi sebagai pilihan  melingkar.
2.       Binaural Auto-Panner berfungsi untuk menempatkan spasial audio kiri dan kanan, dalam pola melingkar dari waktu ke waktu. Untuk menyandikan sinyal spasial, baik saluran kiri atau kanan tertunda sehingga suara akan muncul di setiap telinga pada waktu yang berbeda, menipu otak untuk berpikir bahwa mereka berasal dari kedua sisi.
3.       Channel Mixer atau The Channel Mixer memungkinkan Anda untuk mengubah kiri / keseimbangan yang tepat dari bentuk gelombang stereo. Hal ini memungkinkan Anda membuat campuran stereo baru menggunakan hak yang ada dan saluran kiri sebagai sumber masukan. Dengan mengkombinasikan dan membalik saluran, Anda dapat membuat beberapa efek stereo imaging menarik.
4.       Dynamics Processing digunakan untuk merubah Dinamika prosesor bervariasi tingkat output dari bentuk gelombang, berdasarkan tingkat input. Hal ini memungkinkan Anda membatasi atau menekan rentang dinamik suatu sampel sehingga dianggap kenyaringan disimpan di bawah batas yang ditetapkan, atau supaya rentang dinamis secara keseluruhan bentuk gelombang yang disimpan di sekitar tingkat yang sama.
5.       Envelope digunakan untuk  memberi Anda kontrol atas bagian mana dari gelombang Anda diperkuat, dan seberapa banyak. Bagian atas grafik mewakili 100% (normal) amplifikasi; bagian bawah merupakan redaman penuh (diam). Fungsi ini berguna saat memodifikasi nada yang dihasilkan dengan Adobe ® AuditionTM, sehingga untuk membuat instrumen yang terdengar lebih realistis dan efek.
6.       Hard Limiting digunakan untuk Membatasi memungkinkan Anda untuk secara drastis menipis audio di atas ambang tertentu, sementara meninggalkan semua sampel audio sendirian di bawah ambang batas.
7.       Normalize digunakan untuki menampilkan dialog Normalisasi, yang memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat puncak yang diinginkan yang akan file atau pilihan dibangkitkan. Bila diatur ke 100% atau 0db, normalisasi memungkinkan Anda untuk mencapai jumlah terbesar amplifikasi yang tidak akan menghasilkan kliping (distorsi). Semua bagian dari gelombang diperkuat pada tingkat yang sama.
8.       Pan/Expand digunakan untuk pan, atau pergeseran, saluran tengah-tengah gelombang stereo. Hal ini juga memungkinkan Anda memperluas atau mempersempit pemisahan stereo kiri dan kanan saluran.
9.       Stereo Field Rotate Efek ini memungkinkan Anda untuk memutar bidang stereo file audio.(Stereo lapangan menunjukkan di mana pada instrumen ruang atau sumber lainnya ditempatkan dalam L / R citra suatu bentuk gelombang stereo) Ini dilakukan dengan memanipulasi grafik Stereo Field Rotasi.

-         Delay Effects
Delay Effects adalah pilihan dalam menu ini dapat digunakan untuk memperkenalkan  serangkaian mengulangi atau gema delayer dari sinyal input asli pada interval  secara berkala sepaced atau pengguna didefinisikan.
Menu pada Delay Effects
1.       Chorus digunakan untuk menambah kekayaan suara dengan membuatnya terdengar seolah beberapa suara atau instrumen yang dimainkan sekaligus. Chorus adalah cara yang bagus untuk menambahkan tingkat "kehadiran" ke jalur yang ada sekarang. Menggunakannya untuk memberikan efek stereo ke mono sampel (di mana kiri dan kanan saluran yang identik), atau untuk menambah harmoni atau "ketebalan" untuk sebuah lagu vokal. Anda juga dapat menggunakan chorusing untuk membuat beberapa efek khusus benar-benar luar dunia ini.
2.       Delay  digunakan untuk membuat gema tunggal, serta beberapa efek lainnya. Penundaan 35 milidetik atau lebih akan dianggap sebagai gema diskrit, sedangkan yang jatuh dalam kisaran 15-34 milidetik dapat digunakan untuk menciptakan sebuah paduan suara sederhana atau flanging efek. (Efek ini tidak akan efektif sebagai paduan suara yang sebenarnya atau flanging efek dalam menu Efek, sebagai pengaturan penundaan akan tetap dan tidak akan berubah dari waktu ke waktu.)
3.       Dynamic Delay  memungkinkan Anda untuk mengubah jumlah penundaan lebih dari panjang gelombang. Sebagai contoh, untuk lima detik pertama dari sebuah file audio Anda dapat mengalami keterlambatan 2 milidetik, untuk 15 detik berikutnya Anda bisa mengalami keterlambatan 20 milidetik, untuk 10 detik berikut menunda bisa di 7 milidetik, dan seterusnya.
4.       Echo Fungsi ini menambahkan serangkaian ulang, membusuk gema untuk suara. (Untuk echo tunggal, gunakan fungsi tunda sebagai gantinya).
5.       Echo Chamber Fungsi Echo Chamber dapat mensimulasikan suasana di hampir setiap ruangan. Pengaturan disediakan untuk menentukan ukuran ruangan virtual Anda dan karakteristik permukaan, bersama dengan penempatan mikrofon virtual. Jumlah gema dapat disesuaikan, sampai sekitar 25.000. Perlu diketahui bahwa gema makin banyak untuk menghitung, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk fungsi untuk menyelesaikan.
6.       Flanger Untuk menciptakan efek yang sama dengan sedikit menunda dan pentahapan sinyal pada interval yang telah ditentukan atau acak.
7.       Full Reverb Kendali Reverb, seperti efek Reverb standar, digunakan untuk mensimulasikan ruang akustik. Ini juga konvolusi-impuls berbasis (seperti Reverb standar), yang berarti tidak ada dering, metalik, atau artefak lainnya terdengar buatan. Namun, beresonansi spesifik dapat dicapai jika diinginkan (lihat Warna).
8.         Multitap Delay  dapat digambarkan sebagai kombinasi Delay, Echo, Filter, dan efek Reverb.Sampai 10 keterlambatan unit dapat dibuat, masing-masing dengan keterlambatan mereka sendiri, umpan balik, dan pengaturan penyaringan.
9.       Reverb adalah efek digunakan untuk mensimulasikan ruang akustik, dan terdiri dari refleksi awal dan gema yang begitu erat spasi bahwa mereka dianggap sebagai suara membusuk tunggal. Reverb berbeda dari efek Echo dasar bahwa penundaan tidak diulang pada interval teratur spasi.
10.   QuickVerb Seperti dua efek reverb lain (Kendali Reverb dan Reverb), QuickVerb memungkinkan Anda untuk menambahkan gema untuk audio Anda untuk mensimulasikan ruang akustik yang berbeda. Namun, karena tidak konvolusi berbasis seperti Full Reverb dan Reverb (yang membutuhkan lebih banyak kekuatan untuk menjalankan, sehingga meningkatkan beban pengolahan pada sistem Anda) QuickVerb lebih cepat untuk digunakan. Ini berarti bisa diubah lebih cepat dan efektif dalam lingkungan multitrack real-time, tanpa perlu untuk "mengunci" efek untuk melacak.
11.   Sweeping Phaser Seperti efek Flanger, Phaser memperkenalkan sebuah fase pergeseran-variabel menjadi sinyal split dan recombines itu, menciptakan efek-efek khusus yang dipopulerkan oleh gitaris dari tahun 1960-an. The Phaser Penyapuan menyapu takik atau meningkatkan filter jenis bolak-balik tentang frekuensi pusat.

3.    Filters
Filters adalah untuk memodifikasi sinyal pada konten frekuensi.
Menu pada Filters
1.       Dynamic EQ  memungkinkan Anda untuk mengubah jumlah pemerataan atas panjang gelombang.
2.       FFT Filter Sifat grafis dari FFT (Fast Fourier Transform) Filter memudahkan untuk menggambar kurva atau takik untuk menolak atau meningkatkan frekuensi tertentu.
3.       Graphic Equalizer Dengan Graphic Equalizer, Anda dapat meningkatkan atau memotong sinyal pada pita frekuensi tertentu, dan memiliki representasi visual dari kurva EQ secara keseluruhan. Berbeda dengan Equalizer Parametrik, yang Equalizer Graphic menggunakan pita frekuensi preset kontrol untuk pemerataan frekuensi cepat dan mudah.
4.       Graphic Phase Shifter Fase ini shifter Grafika memungkinkan Anda menyesuaikan fase gelombang dengan menambahkan titik kontrol untuk grafik. X-axis (tepi horisontal) dari grafik langkah-langkah konten frekuensi gelombang, sementara itu grafik sumbu y (sisi vertikal) menampilkan derajat fase ke pergeseran, dengan nol derajat tidak mewakili pergeseran fasa.
5.       Notch Filter ini menghilangkan hingga enam pengguna didefinisikan frekuensi, di samping telepon standar nada DTMF. Gunakan penyaring ini jika Anda ingin menghapus band frekuensi yang sangat sempit. Misalnya, Anda dapat menghapus 60Hz hum sementara meninggalkan semua 59Hz dan 61Hz audio tersentuh.
6.       Parametric Equalizer Parametrik digunakan untuk mengedit denda frekuensi dalam suara. Mereka berbeda dari equalizers yang menawarkan sejumlah tertentu dari frekuensi dan bandwidth Q (yang menentukan berapa banyak frekuensi keseluruhan akan dilakukan oleh kontrol, satu frekuensi yang dipilih) di bahwa mereka memberi Anda kontrol terus atas frekuensi, Q, dan pengaturan gain.
7.       Quick Filter pada dasarnya, ini adalah fungsi cepat dan mudah untuk mengubah nada sampel Anda untuk membuatnya lebih menyenangkan telinga.
8.       Scientific Filters menyediakan high-order IIR (Infinite Impulse Response) filter untuk lulus tepat band, band menolak (takik), atau tinggi atau low pass filter.

-        Restoration

Menu pada Restoration
1.       Click/Pop Eliminator bekerja dengan mencari anomali dalam data audio yang dapat ditafsirkan sebagai klik atau muncul (Deteksi), dan kemudian mengganti atau memperbaiki lokasi yang rusak (Koreksi). Jika Anda ingin membersihkan rekaman vinyl sebelum mentransfernya ke CD atau media digital lainnya, Klik / Pop Eliminator adalah efek untuk digunakan. Ini lebih akurat dari sekadar memotong klik, atau mengganti data dengan garis lurus. Anda dapat memperbaiki seluruh pilihan atau langsung menghapus satu klik jika ada yang disorot.
2.       Clip Restoration dapat menghapus kejadian kejahatan kliping dari bentuk gelombang Anda. Hal ini dilakukan dengan benar-benar "mengisi" segmen terpotong gelombang.
3.       Hiss Reduction secara harfiah mengukir mendesis menjengkelkan dari kaset rekaman, album rekaman (setelah menggunakan Klik / Pop Removal), atau rekaman mikrofon. Ini akan menghapus semua audio di semua frekuensi yang berada di bawah ambang tertentu (yang umumnya lantai tingkat kebisingan atau mendesis). Jika audio memiliki desis latar belakang konstan, maka yang dapat mendesis "kebisingan gated" atau dihapus sama sekali. Setiap audio dalam pita frekuensi lebih keras dari tingkat cutoff akan tetap tak tersentuh.
4.       Noise Reduction secara dramatis dapat mengurangi kebisingan latar belakang dan broadband umum dengan minimal pengurangan kualitas sinyal. Hal ini juga dapat menghapus mendesis tape, mikrofon kebisingan latar belakang, 60 siklus dengungan, atau suara yang konstan di sepanjang durasi gelombang Anda.
-        Special
Special adalah pilihan dalam menu ini dapat digunakan untuk memperkenalkan beberapa effeck pengolahan yang baik inovatif dan liar-n-fangky.
1.       Menu pada Special
2.       Convolution adalah efek dari mengalikan setiap sampel dalam satu gelombang atau impuls oleh sampel yang terkandung dalam bentuk gelombang lain. Dalam arti tertentu, fitur ini menggunakan satu gelombang untuk "model" suara dari bentuk gelombang lain. Hasilnya dapat bahwa penyaringan, bergema, fase pergeseran, atau kombinasi dari efek tersebut. Artinya, setiap versi disaring dari bentuk gelombang dapat bergema di setiap penundaan, setiap beberapa kali.
3.       Distortion  fungsi CoUse ini untuk menciptakan efek tersebut sebagai pembicara mobil ditiup, mikrofon teredam, dan amp overdrive. Bersenang-senang membuat suara audio Anda benar-benar JELEK! (Tentu saja, it's great untuk menambahkan bulu untuk gitar menjilat untuk mendapatkan yang "asli" suara logam berat.)

-       Time/Pitch
Time / Pitch dalah Pengaruh dalam menu ini untuk digunakan untuk mengubah waktu  (diration) dan pitch (nada suara) dari file audio atau kisaran yang dipilih.
Menu pada Time / Pitch
1.       Doppler Shifter  untuk menciptakan "terbang dengan" suara yang paling dikenal dari mobil balap oleh atau pesawat terbang. Mari kita gunakan mobil untuk contoh kita.
2.       Pitch Bender  Efek ini bervariasi yaitu pitch sumber audio dari waktu ke waktu. Gunakan grafik untuk "menarik" tempo Anda untuk membuat perubahan tempo halus atau efek, seperti sebuah catatan atau rekaman mempercepat atau memperlambat.
3.       Stretch adalah Perubahan Regangkan efek pitch (frekuensi) dan / atau tempo (durasi) dari sinyal audio. Hal ini juga dapat mengubah pitch atau tempo baik tanpa mempengaruhi yang lain.Misalnya, Anda dapat menggunakan Peregangan untuk transpose lagu ke tombol yang lebih tinggi, atau memperlambat sebuah bagian bawah tanpa mengubah pitch.
-       Menyimpan File Suara
Setelah dilakukan penyuntingan suara langkah berikutnya adalah
menyimpan hasil penyuntingan. Untuk menyimpan file suara dapat
dilakukan dengan cara sebagai berikut:
-         Arahkan pointer mouse pada Menu Bars File kemudian klik sekali
-         Pilih Save As terus klik atau tekan Ctrl+S secara bersamaan
-         Pilih Save Copy As jika ingin memberi format atau nama lain dari file suara yang telah lakukan penyutingan.

Fungsi Tools Pada Cool Edit Pro

Fungsi secara umum dari bagian – bagian yang adapada Cool Edit Pro’s View Screen adalah sebagai berikut :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1qJLrWE85S3Y7JxTTpN-Oea8wP8VynPE3e2Qnecveal452pWK8Xo5Dd5aoaBViVLd_OHCYaJiEhTbsotlQPsyiX9zzEjpe7NgWLLHD-oXP_Be5woBY_FVWIZ9-ztYRvhHgAC3I7DDhQA/s400/Cool+Edit+Pro+2.1+Full+++Serial-content01.b-vocal+cutting.jpg

1.      Menu bar , berisi menu – menu uatama dari Cool Edit Pro 2.0.
2.      Toolbars , merupakan kumpulan tombol fungsi kerja dari menu yang dapat diakses untuk mempercepat kerja.Sebagian fungsi kerja dari menu yang sering di pakai dalam suatu pekerjaan di tampilkan pada menu toolbars ini , seperti fungsi delete , cut , save , save file , undo , open , dan lain-  lain.
3.      Horizontal portion ber , terletak di atas tampilan gelombang dan berfungsi untuk menggulung gelombang dari depan ke belakang , begitu pula sebaliknya.Caranya klik kiri dan tahan pada horizontal portion bar.Horizontal portion bar dapatpula digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan gelombang , dengan klik kanan pada horizontal portion bar.
4.      Vertical ruler , terletak di ujung kanan tampilan gelombang.Vertical ruler menunjukkan besar amplitude dari gelombang pada setiap satuan waktu.Dengan klik dua kali pada vertical ruler ini akan mengubah format tampilan secara otomatis.
5.      Horizontal ruler , terletak di bawah sepanjang tampilan gelombang dan berfungsi sebagai garis waktu.Dengan klik kiri dan tahan pada horizontal ruler berfungsi untuk menggulung ke depan maupun ke belakang.Dengan klik kanan dan than pada horizontal ruler berfungsi untuk memperbesar atau memperkeci gelombang secara horizontal.
6.      Time display , menunjukkan durasi waktu pada saat proses recording maupun playingsuatu gelombang tunggal.
7.      Organizer window , merupakan jendela pegangan yang memudahkan dalam pemilhan file maupun efek yang akan di buka maupun di tutup.Untuk menampilkan dan menutup organizer window dapat dilakukan dengan cara memilih menuView > Show Organizer Window , atau tekan Alt + 9 .
8.      Selection/view controls , menunjukkan titk awal samapi akhir dan panjang waktu pemilihan serta panjang waktu total suatu gelombang.
9.      Transport button , berfungsi sebagai pusat control beberapa pusat , seperti play , stop , record , dan lain – lain.
10.  Zoom button , digunakkan untik memperbesar atau memperkecil gelombang baik secara horizontal maupun vertical.
11.  Level meter , merupakan monitor volume atau amplitude sinyal gelombang masuk dan keluar.Untuk menampilkan level meter pilih menu View > Show Level Meters , atau tekanAlt + 7.Untuk mengaktifkannya pilih menu Option > Shows Level on Play and Record.
12.  Status bar , menampilkan variasi dari informasi yang berhubungan dengan file properties , free resources , dan waktu.

Alat dan Bahan
1.   1unit computer
·      Minimum Pentium 4 /Processor Intel Djal Core atau lebih besar lebih baik
·      Memori / RAM 2 GB atau lebih besar labih baik
·      Hard disck 420 GB atau lebih besar
·      Sound card bebas
·      VGA 256 MB
2.   Sofawre Adobe Audition 1.5
3.   Mixer Yamaha MG82cx/8 channel
4.   Kabel
5.   Sound card
6.   Microphone
7.   Speaker


Langkah Kerja
Membuat jingle dengan menggunakan software adobe audition 1.5
1.    Proses Membuka Aplikasi Adobe Audition 1.5
·      Double Klik pada aplikasi Adobe audition 1.5 pada tampilan berikut ini :
·      Tampilan awal pada Adobe audition 1.5


2.    Proses Perekaman Suara
·      Klik ctrl +N
·      Maka akan muncul tampilan seperti yang di bawah ini.
·      Klik tombol merah  (recording)




·      Maka akan muncul  proses perekaman suara

3.    Peroses Menormalize
·      Blok terlebih dahulu suara yang akan di normalize > kemudian klik ok
·      Maka hasilnya akan lebih besar dan lebih teratur.
4.    Proses Pemotongan Suara(cut)
·      Blok terlebih dahulu nsuara yang akan di potong > klik kanan > pilih cut.
·      Atau bisa juga dengan tekan tekan delet
5.    Proses delay effect prosesing
·      Untuk memberikan effect pada suara,maka klik diley effect > echo > ok
6.    Proses penggabungan suara (Mixdown)
·      Klik pada pojok kanan atas untuk mengganti siglke track menjadi multi track
·      Klik open pada folder file > pilih tempat anda menyimpan suara yang akan di gabungkan > klik open > maka akan muncul  secara otomatis suara yang di masukan tadi.
·      Masukan suara yang sudah ada dengan cara klik > geser pada tab yang sudah tersedia pada multi track.
·      Edit siara yang sudah anda masukan agar tidak kasar di dengar oleh telinga
·      Jika sudah selesai maka blok semua suara tadi > klik kanan >pilih mixdown file > tunggu proses mixdown selesai.
·      Maka akan muncul  hasil  suara yang sudah di gabungkan.


7.    Proses penyimpanan file (save)
·      Klik file > save as > pilih tempat penyimpanan > ketik nama file > pilih format mp3 > save > tunggu hingga proses penyimpanan selesai.
·      Maka jika sudah tersimpan akan bisa dilihat hasilnya seprti ini.
Prosedur pengujian
Ø Buka aplikasi winamp atau aplikasi pemutar music lain
Ø Cari jingle yang telah di buat
Ø Tekan tombol play pada music
Ø Jika jingle tersebut bisa di play bisa berarti sudah siap  untuk di pancar luaskan

3.3.5.   Masalah dan pemecahannya
A.   Masalah
v  Ketika proses take vocal tidak berjalan seperti semestinya
v  Microphone tidak terdeteksi untuk memasukan suara

B.    Pemecahan
·         Sebaiknya vocal yang anda masukan di normalize agar hasil yang kita inginkan bisa lebih teratur dan lebih besar
·         Periksa terlebih dahulu kabel pada mixer yang terhubung.
·         Pastikan kabel pada mixer terhobung pada slot line input dan speaker terhubung pada slot line out.
·         Cek kembali apakah suara yang kita masukan sudah terdeteksi,jika belum terdeteksi klik double klik pada gambar sound volume do pojok kanan bawah
·         Klik options > pilih properties >pilihan mixer device ada line in/ mic in dan Realtek HD Audio rear output
·         Pilih line in/mic in > OK
·         Pada Recording Control ceklis bagian bawah pada line volume > close.



Related Posts:

  • LANGKAH-LANGKAH INSTALL LINUX DEBIAN berbasis Grafis 1. Nyalakan komputer dan masukkan CD installer sistem operasi Linux Debian. 2. Ubah first boot device pada BIOS menjadi CD-ROM. 3. Tekan enter untuk masuk ke boot Debian. 4. Lalu pilih bahasa yan… Read More
  • langkah kerja virtual box Pengertian dan Cara kerja ORacle VM dan virtualbox irtualbox ini merupakan aplikasi yang memungkinkan untuk menginstall OS didalam OS.membuat komputer virtual didalam komputer. sehingga tidak perlu membeli ko… Read More
  • kode rahasia keyboard Mungkin atikel kali ini akan bermanfaat bagi yang belum tahu shortcut pada keyboard laptop/ komputer anda selamat membaca... CTRL + C (Copy) CTRL + X (Cut) CTRL + V (Tempel) CTRL + Z (Undo) DELETE (Hapus) SHIFT + DE… Read More
  • Cara Menentukan Booting, Cara Setting BIOS, Instalasi Windows 7 1.Cara Setting Konfigurasi BIOS Berikut ini langkah-langkah dalam mengatur BIOS agar booting dari CD/DVD atau flashdisk ; 1. Hidupkan komputer / laptop 2. Saat komputer / laptop menyala, biasanya muncul pesan / keter… Read More
  • Cara menginstall Windows 7 melalui USB Flashdisk Cara menginstall Windows 7 melalui USB Flashdisk Selama ini saya telah mencoba mencari informasi bagaimana caranya menginstall Windows 7 melalui Flashdisk, dan akhirnya berhasil juga, walaupun prosesn… Read More

2 komentar:

  1. Casino Site - LuckyClub
    Looking for a way to get into the casino at Lucky luckyclub Club? Enjoy casino games with the ultimate online gaming experience. Register online today to get  Rating: 4 · ‎15 votes

    BalasHapus
  2. Pengertian Adobe Audition ~ Welcome To Muhammad Solihin >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Adobe Audition ~ Welcome To Muhammad Solihin >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Adobe Audition ~ Welcome To Muhammad Solihin >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Zk

    BalasHapus