Pengertian
Adobe Audition
Adobe Audition adalah multitrack digital audio recording, editor dan mixer yang udah digunakan dan memiliki berbagai fasilitas pengolahan suara. Dengan Adobe udition Anda dapat merekam suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format. Adobe Audition banyak digunakan oleh musician recording master, demo cd, produser atau programing stasiun radio. Secara umum Adobe Audition memiliki dua lingkungan yaitu Edit View and Multitrack. View. Edit View sesuai namanya ditujukan terutama untuk menangani editing satu waveform saja pada satu saat. Sementara Multitrack View dapat menangani beberapa waveform sekaligus pada beberapa track. Anda dapat menggunakan kedua lingkungan ini secara bergantian pada tampilan terpisah.
1. Merekam Suara
- Mengatur peralatan untuk merekam, pastikan kabel mic telah terpasang pada soundcard dengan benar telah di aktifkan. kemudian membuat file baru dengan file>new.
Atur setingnya sesuai dengan sumber suaranya dan akhiri dengan tombol ok. berikutnya anda dapat merekam suara dengan menekan recod di bagian bawah layar. dan hentikan dengan menekan tombol record sekali lagi.
setelah itu anda dapat menyimpan hasilnya dengan file>save as
kemudian pilih tipenya ACM waveform dan aturlah setingnya dengan menekan tombol options.
2. Mengurangi Noise
kadang pada saat merekam suara muncul suara yang tidak di harapkan, misalnya suara kipas angin atau AC. anda dapat melihat tampilan awal klip terdapat noise yang akan menimbulkan suara berisik ketika di mainkan.
untuk itu anda dapat menguranginya dengan cara menyeleksi bagian yang hanya terdapat noise yang akan di hilangkan dan tidak terdapat suaras lainnya.
kemudian gunakan menu effect> noise reduction> noise reduction

3. Menambah/mengurangi volume
anda dapat mengurangi/menambah volume waveform dengan menu effect>amplitude>amplify.
Adobe Audition adalah multitrack digital audio recording, editor dan mixer yang udah digunakan dan memiliki berbagai fasilitas pengolahan suara. Dengan Adobe udition Anda dapat merekam suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format. Adobe Audition banyak digunakan oleh musician recording master, demo cd, produser atau programing stasiun radio. Secara umum Adobe Audition memiliki dua lingkungan yaitu Edit View and Multitrack. View. Edit View sesuai namanya ditujukan terutama untuk menangani editing satu waveform saja pada satu saat. Sementara Multitrack View dapat menangani beberapa waveform sekaligus pada beberapa track. Anda dapat menggunakan kedua lingkungan ini secara bergantian pada tampilan terpisah.
1. Merekam Suara
- Mengatur peralatan untuk merekam, pastikan kabel mic telah terpasang pada soundcard dengan benar telah di aktifkan. kemudian membuat file baru dengan file>new.
Atur setingnya sesuai dengan sumber suaranya dan akhiri dengan tombol ok. berikutnya anda dapat merekam suara dengan menekan recod di bagian bawah layar. dan hentikan dengan menekan tombol record sekali lagi.
setelah itu anda dapat menyimpan hasilnya dengan file>save as
kemudian pilih tipenya ACM waveform dan aturlah setingnya dengan menekan tombol options.
2. Mengurangi Noise
kadang pada saat merekam suara muncul suara yang tidak di harapkan, misalnya suara kipas angin atau AC. anda dapat melihat tampilan awal klip terdapat noise yang akan menimbulkan suara berisik ketika di mainkan.
untuk itu anda dapat menguranginya dengan cara menyeleksi bagian yang hanya terdapat noise yang akan di hilangkan dan tidak terdapat suaras lainnya.
kemudian gunakan menu effect> noise reduction> noise reduction

3. Menambah/mengurangi volume
anda dapat mengurangi/menambah volume waveform dengan menu effect>amplitude>amplify.

4. Menambah effect suara
untuk itu anda dapat menyeleksi dahulu atau sebagian waveform kemudian gunakan menu effect>delay effect>echo.
1. Mengenal
tampilan edit view

2. Memainkan file suara
3. Menggunakan Zoom
4. Menggunakan Horizontal Zoom
5. Menggunakan Vertikal Zoom
6. Menyeleksi Waveform

7. Melakukan Editing dasar
8. Cut
9. Paste
10. Mix Paste

2. Memainkan file suara
3. Menggunakan Zoom
4. Menggunakan Horizontal Zoom
5. Menggunakan Vertikal Zoom
6. Menyeleksi Waveform

7. Melakukan Editing dasar
8. Cut
9. Paste
10. Mix Paste
Untuk mengatur Efek
yang diinginkan dapat dilakukan dengan memilih fungsi yang tersedi
pada
Menubars kemudian
klik. Contoh dibawah ini mengunakan pilihan Filters. Filter digunakan
untukmenyaring
atau mengatur suara
yang dikehendaki. Untuk melakukan pemfilteran dengan cara sebagai berikut:
- Arahkan
pointer mouse ke Menu Bars
Effects
Filters
Graphic Equalizer
Selanjutnya pilih
Graphic Equalizer lalu klik
Garis Frekuensi
Garis Phase
Gambar 55. Graphic
Equalizer 10 band (1 Octave)
Pilihan yang
tersedia pada Graphic Equalizer ada 10 bands (1 Octave), 20
bands (1/2 Octave)
dan 30 bands (1/3 Octave)
- Amplitude
Amplitude
digunakan untuk mengubah amplitudo (tingkat volume) dari file audio
atau rentang yang dipilih.
Menu pada Amplify
1. Amplify untuk membuat dan mendengar penyesuaian amplifikasi
sebagai pilihan melingkar.
2. Binaural Auto-Panner berfungsi untuk menempatkan spasial
audio kiri dan kanan, dalam pola melingkar dari waktu ke waktu. Untuk
menyandikan sinyal spasial, baik saluran kiri atau kanan tertunda sehingga
suara akan muncul di setiap telinga pada waktu yang berbeda, menipu otak untuk
berpikir bahwa mereka berasal dari kedua sisi.
3. Channel Mixer atau The Channel Mixer memungkinkan Anda
untuk mengubah kiri / keseimbangan yang tepat dari bentuk gelombang stereo. Hal
ini memungkinkan Anda membuat campuran stereo baru menggunakan hak yang ada dan
saluran kiri sebagai sumber masukan. Dengan mengkombinasikan dan membalik
saluran, Anda dapat membuat beberapa efek stereo imaging menarik.
4. Dynamics Processing digunakan untuk merubah Dinamika
prosesor bervariasi tingkat output dari bentuk gelombang, berdasarkan tingkat
input. Hal ini memungkinkan Anda membatasi atau menekan rentang dinamik suatu
sampel sehingga dianggap kenyaringan disimpan di bawah batas yang ditetapkan,
atau supaya rentang dinamis secara keseluruhan bentuk gelombang yang disimpan
di sekitar tingkat yang sama.
5. Envelope digunakan untuk memberi Anda kontrol atas
bagian mana dari gelombang Anda diperkuat, dan seberapa banyak. Bagian atas
grafik mewakili 100% (normal) amplifikasi; bagian bawah merupakan redaman penuh
(diam). Fungsi ini berguna saat memodifikasi nada yang dihasilkan dengan
Adobe ® AuditionTM, sehingga untuk membuat instrumen yang terdengar lebih
realistis dan efek.
6. Hard Limiting digunakan untuk Membatasi memungkinkan Anda
untuk secara drastis menipis audio di atas ambang tertentu, sementara
meninggalkan semua sampel audio sendirian di bawah ambang batas.
7. Normalize digunakan untuki menampilkan dialog Normalisasi, yang
memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat puncak yang diinginkan yang akan file
atau pilihan dibangkitkan. Bila diatur ke 100% atau 0db, normalisasi
memungkinkan Anda untuk mencapai jumlah terbesar amplifikasi yang tidak akan
menghasilkan kliping (distorsi). Semua bagian dari gelombang diperkuat
pada tingkat yang sama.
8. Pan/Expand digunakan untuk pan, atau pergeseran, saluran
tengah-tengah gelombang stereo. Hal ini juga memungkinkan Anda memperluas atau
mempersempit pemisahan stereo kiri dan kanan saluran.
9. Stereo Field Rotate Efek ini memungkinkan Anda untuk memutar
bidang stereo file audio.(Stereo lapangan menunjukkan di mana pada instrumen
ruang atau sumber lainnya ditempatkan dalam L / R citra suatu bentuk gelombang
stereo) Ini dilakukan dengan memanipulasi grafik Stereo Field Rotasi.
-
Delay Effects
Delay Effects
adalah pilihan dalam menu ini dapat digunakan untuk memperkenalkan
serangkaian mengulangi atau gema delayer dari sinyal input asli pada
interval secara berkala sepaced atau pengguna didefinisikan.
Menu pada Delay Effects
1. Chorus digunakan untuk menambah kekayaan suara dengan
membuatnya terdengar seolah beberapa suara atau instrumen yang dimainkan
sekaligus. Chorus adalah cara yang bagus untuk menambahkan tingkat
"kehadiran" ke jalur yang ada sekarang. Menggunakannya untuk
memberikan efek stereo ke mono sampel (di mana kiri dan kanan saluran yang
identik), atau untuk menambah harmoni atau "ketebalan" untuk sebuah
lagu vokal. Anda juga dapat menggunakan chorusing untuk membuat beberapa efek
khusus benar-benar luar dunia ini.
2. Delay digunakan untuk membuat gema tunggal, serta
beberapa efek lainnya. Penundaan 35 milidetik atau lebih akan dianggap
sebagai gema diskrit, sedangkan yang jatuh dalam kisaran 15-34 milidetik dapat
digunakan untuk menciptakan sebuah paduan suara sederhana atau flanging
efek. (Efek ini tidak akan efektif sebagai paduan suara yang sebenarnya
atau flanging efek dalam menu Efek, sebagai pengaturan penundaan akan tetap dan
tidak akan berubah dari waktu ke waktu.)
3. Dynamic Delay memungkinkan Anda untuk mengubah jumlah
penundaan lebih dari panjang gelombang. Sebagai contoh, untuk lima detik
pertama dari sebuah file audio Anda dapat mengalami keterlambatan 2 milidetik,
untuk 15 detik berikutnya Anda bisa mengalami keterlambatan 20 milidetik, untuk
10 detik berikut menunda bisa di 7 milidetik, dan seterusnya.
4. Echo Fungsi ini menambahkan serangkaian ulang, membusuk gema
untuk suara. (Untuk echo tunggal, gunakan fungsi tunda sebagai gantinya).
5. Echo Chamber Fungsi Echo Chamber dapat mensimulasikan suasana
di hampir setiap ruangan. Pengaturan disediakan untuk menentukan ukuran
ruangan virtual Anda dan karakteristik permukaan, bersama dengan penempatan
mikrofon virtual. Jumlah gema dapat disesuaikan, sampai sekitar 25.000. Perlu
diketahui bahwa gema makin banyak untuk menghitung, semakin lama waktu yang
dibutuhkan untuk fungsi untuk menyelesaikan.
6. Flanger Untuk menciptakan efek yang sama dengan sedikit menunda
dan pentahapan sinyal pada interval yang telah ditentukan atau acak.
7. Full Reverb Kendali Reverb, seperti efek Reverb standar,
digunakan untuk mensimulasikan ruang akustik. Ini juga konvolusi-impuls
berbasis (seperti Reverb standar), yang berarti tidak ada dering, metalik, atau
artefak lainnya terdengar buatan. Namun, beresonansi spesifik dapat dicapai
jika diinginkan (lihat Warna).
8. Multitap Delay dapat digambarkan sebagai
kombinasi Delay, Echo, Filter, dan efek Reverb.Sampai 10 keterlambatan unit
dapat dibuat, masing-masing dengan keterlambatan mereka sendiri, umpan balik,
dan pengaturan penyaringan.
9. Reverb adalah efek digunakan untuk mensimulasikan ruang
akustik, dan terdiri dari refleksi awal dan gema yang begitu erat spasi bahwa
mereka dianggap sebagai suara membusuk tunggal. Reverb berbeda dari efek Echo
dasar bahwa penundaan tidak diulang pada interval teratur spasi.
10. QuickVerb Seperti dua efek reverb lain (Kendali Reverb dan
Reverb), QuickVerb memungkinkan Anda untuk menambahkan gema untuk audio Anda
untuk mensimulasikan ruang akustik yang berbeda. Namun, karena tidak konvolusi
berbasis seperti Full Reverb dan Reverb (yang membutuhkan lebih banyak kekuatan
untuk menjalankan, sehingga meningkatkan beban pengolahan pada sistem Anda)
QuickVerb lebih cepat untuk digunakan. Ini berarti bisa diubah lebih cepat dan
efektif dalam lingkungan multitrack real-time, tanpa perlu untuk
"mengunci" efek untuk melacak.
11. Sweeping Phaser Seperti efek Flanger, Phaser memperkenalkan
sebuah fase pergeseran-variabel menjadi sinyal split dan recombines itu,
menciptakan efek-efek khusus yang dipopulerkan oleh gitaris dari tahun
1960-an. The Phaser Penyapuan menyapu takik atau meningkatkan filter jenis
bolak-balik tentang frekuensi pusat.
3. Filters
Filters adalah untuk
memodifikasi sinyal pada konten frekuensi.
Menu pada Filters
1. Dynamic EQ memungkinkan Anda untuk mengubah jumlah
pemerataan atas panjang gelombang.
2. FFT Filter Sifat grafis dari FFT (Fast Fourier Transform)
Filter memudahkan untuk menggambar kurva atau takik untuk menolak atau
meningkatkan frekuensi tertentu.
3. Graphic Equalizer Dengan Graphic Equalizer, Anda dapat
meningkatkan atau memotong sinyal pada pita frekuensi tertentu, dan memiliki
representasi visual dari kurva EQ secara keseluruhan. Berbeda dengan Equalizer
Parametrik, yang Equalizer Graphic menggunakan pita frekuensi preset kontrol
untuk pemerataan frekuensi cepat dan mudah.
4. Graphic Phase Shifter Fase ini shifter Grafika memungkinkan
Anda menyesuaikan fase gelombang dengan menambahkan titik kontrol untuk
grafik. X-axis (tepi horisontal) dari grafik langkah-langkah konten
frekuensi gelombang, sementara itu grafik sumbu y (sisi vertikal) menampilkan
derajat fase ke pergeseran, dengan nol derajat tidak mewakili pergeseran fasa.
5. Notch Filter ini menghilangkan hingga enam pengguna didefinisikan
frekuensi, di samping telepon standar nada DTMF. Gunakan penyaring ini
jika Anda ingin menghapus band frekuensi yang sangat sempit. Misalnya,
Anda dapat menghapus 60Hz hum sementara meninggalkan semua 59Hz dan 61Hz audio
tersentuh.
6. Parametric Equalizer Parametrik digunakan untuk mengedit denda frekuensi
dalam suara. Mereka berbeda dari equalizers yang menawarkan sejumlah tertentu
dari frekuensi dan bandwidth Q (yang menentukan berapa banyak frekuensi
keseluruhan akan dilakukan oleh kontrol, satu frekuensi yang dipilih) di bahwa
mereka memberi Anda kontrol terus atas frekuensi, Q, dan pengaturan gain.
7. Quick Filter pada dasarnya, ini adalah fungsi cepat dan mudah
untuk mengubah nada sampel Anda untuk membuatnya lebih menyenangkan telinga.
8. Scientific Filters menyediakan high-order IIR (Infinite Impulse Response)
filter untuk lulus tepat band, band menolak (takik), atau tinggi atau low pass
filter.
-
Restoration
Menu pada Restoration
1. Click/Pop Eliminator bekerja dengan mencari anomali dalam data
audio yang dapat ditafsirkan sebagai klik atau muncul (Deteksi), dan kemudian
mengganti atau memperbaiki lokasi yang rusak (Koreksi). Jika Anda ingin
membersihkan rekaman vinyl sebelum mentransfernya ke CD atau media digital
lainnya, Klik / Pop Eliminator adalah efek untuk digunakan. Ini lebih
akurat dari sekadar memotong klik, atau mengganti data dengan garis lurus. Anda
dapat memperbaiki seluruh pilihan atau langsung menghapus satu klik jika ada
yang disorot.
2. Clip Restoration dapat menghapus kejadian kejahatan kliping
dari bentuk gelombang Anda. Hal ini dilakukan dengan benar-benar
"mengisi" segmen terpotong gelombang.
3. Hiss Reduction secara harfiah mengukir mendesis menjengkelkan dari
kaset rekaman, album rekaman (setelah menggunakan Klik / Pop Removal), atau
rekaman mikrofon. Ini akan menghapus semua audio di semua frekuensi yang berada
di bawah ambang tertentu (yang umumnya lantai tingkat kebisingan atau
mendesis). Jika audio memiliki desis latar belakang konstan, maka yang dapat
mendesis "kebisingan gated" atau dihapus sama sekali. Setiap audio
dalam pita frekuensi lebih keras dari tingkat cutoff akan tetap tak tersentuh.
4. Noise Reduction secara dramatis dapat mengurangi kebisingan latar
belakang dan broadband umum dengan minimal pengurangan kualitas
sinyal. Hal ini juga dapat menghapus mendesis tape, mikrofon kebisingan
latar belakang, 60 siklus dengungan, atau suara yang konstan di sepanjang
durasi gelombang Anda.
- Special
Special
adalah pilihan dalam menu ini dapat digunakan untuk memperkenalkan
beberapa effeck pengolahan yang baik inovatif dan liar-n-fangky.
1. Menu pada Special
2. Convolution adalah efek dari mengalikan setiap sampel dalam
satu gelombang atau impuls oleh sampel yang terkandung dalam bentuk gelombang
lain. Dalam arti tertentu, fitur ini menggunakan satu gelombang untuk
"model" suara dari bentuk gelombang lain. Hasilnya dapat bahwa
penyaringan, bergema, fase pergeseran, atau kombinasi dari efek
tersebut. Artinya, setiap versi disaring dari bentuk gelombang dapat
bergema di setiap penundaan, setiap beberapa kali.
3. Distortion fungsi CoUse ini untuk menciptakan efek
tersebut sebagai pembicara mobil ditiup, mikrofon teredam, dan amp
overdrive. Bersenang-senang membuat suara audio Anda benar-benar JELEK!
(Tentu saja, it's great untuk menambahkan bulu untuk gitar menjilat untuk mendapatkan
yang "asli" suara logam berat.)
- Time/Pitch
Time / Pitch
dalah Pengaruh dalam menu ini untuk digunakan untuk mengubah waktu
(diration) dan pitch (nada suara) dari file audio atau kisaran yang dipilih.
Menu pada Time / Pitch
1. Doppler Shifter untuk menciptakan "terbang
dengan" suara yang paling dikenal dari mobil balap oleh atau pesawat
terbang. Mari kita gunakan mobil untuk contoh kita.
2. Pitch Bender Efek ini bervariasi yaitu pitch sumber audio
dari waktu ke waktu. Gunakan grafik untuk "menarik" tempo Anda
untuk membuat perubahan tempo halus atau efek, seperti sebuah catatan atau
rekaman mempercepat atau memperlambat.
3. Stretch adalah Perubahan Regangkan efek pitch (frekuensi) dan / atau
tempo (durasi) dari sinyal audio. Hal ini juga dapat mengubah pitch atau tempo
baik tanpa mempengaruhi yang lain.Misalnya, Anda dapat menggunakan Peregangan
untuk transpose lagu ke tombol yang lebih tinggi, atau memperlambat sebuah
bagian bawah tanpa mengubah pitch.
- Menyimpan
File Suara
Setelah dilakukan penyuntingan
suara langkah berikutnya adalah
menyimpan hasil
penyuntingan. Untuk menyimpan file suara dapat
dilakukan dengan cara
sebagai berikut:
- Arahkan
pointer mouse pada Menu Bars File kemudian klik sekali
- Pilih
Save As terus klik atau tekan Ctrl+S secara bersamaan
-
Pilih Save Copy As jika ingin memberi format atau nama lain dari
file suara yang telah lakukan penyutingan.
Fungsi Tools Pada Cool Edit Pro
Fungsi secara umum dari
bagian – bagian yang adapada Cool Edit Pro’s View Screen adalah sebagai berikut
:
1. Menu
bar , berisi menu – menu uatama dari Cool Edit Pro 2.0.
2. Toolbars , merupakan kumpulan tombol fungsi kerja dari menu yang dapat diakses untuk mempercepat kerja.Sebagian fungsi kerja dari menu yang sering di pakai dalam suatu pekerjaan di tampilkan pada menu toolbars ini , seperti fungsi delete , cut , save , save file , undo , open , dan lain- lain.
3. Horizontal portion ber , terletak di atas tampilan gelombang dan berfungsi untuk menggulung gelombang dari depan ke belakang , begitu pula sebaliknya.Caranya klik kiri dan tahan pada horizontal portion bar.Horizontal portion bar dapatpula digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan gelombang , dengan klik kanan pada horizontal portion bar.
4. Vertical ruler , terletak di ujung kanan tampilan gelombang.Vertical ruler menunjukkan besar amplitude dari gelombang pada setiap satuan waktu.Dengan klik dua kali pada vertical ruler ini akan mengubah format tampilan secara otomatis.
5. Horizontal ruler , terletak di bawah sepanjang tampilan gelombang dan berfungsi sebagai garis waktu.Dengan klik kiri dan tahan pada horizontal ruler berfungsi untuk menggulung ke depan maupun ke belakang.Dengan klik kanan dan than pada horizontal ruler berfungsi untuk memperbesar atau memperkeci gelombang secara horizontal.
6. Time display , menunjukkan durasi waktu pada saat proses recording maupun playingsuatu gelombang tunggal.
7. Organizer window , merupakan jendela pegangan yang memudahkan dalam pemilhan file maupun efek yang akan di buka maupun di tutup.Untuk menampilkan dan menutup organizer window dapat dilakukan dengan cara memilih menuView > Show Organizer Window , atau tekan Alt + 9 .
8. Selection/view controls , menunjukkan titk awal samapi akhir dan panjang waktu pemilihan serta panjang waktu total suatu gelombang.
9. Transport button , berfungsi sebagai pusat control beberapa pusat , seperti play , stop , record , dan lain – lain.
10. Zoom button , digunakkan untik memperbesar atau memperkecil gelombang baik secara horizontal maupun vertical.
11. Level meter , merupakan monitor volume atau amplitude sinyal gelombang masuk dan keluar.Untuk menampilkan level meter pilih menu View > Show Level Meters , atau tekanAlt + 7.Untuk mengaktifkannya pilih menu Option > Shows Level on Play and Record.
12. Status bar , menampilkan variasi dari informasi yang berhubungan dengan file properties , free resources , dan waktu.
2. Toolbars , merupakan kumpulan tombol fungsi kerja dari menu yang dapat diakses untuk mempercepat kerja.Sebagian fungsi kerja dari menu yang sering di pakai dalam suatu pekerjaan di tampilkan pada menu toolbars ini , seperti fungsi delete , cut , save , save file , undo , open , dan lain- lain.
3. Horizontal portion ber , terletak di atas tampilan gelombang dan berfungsi untuk menggulung gelombang dari depan ke belakang , begitu pula sebaliknya.Caranya klik kiri dan tahan pada horizontal portion bar.Horizontal portion bar dapatpula digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan gelombang , dengan klik kanan pada horizontal portion bar.
4. Vertical ruler , terletak di ujung kanan tampilan gelombang.Vertical ruler menunjukkan besar amplitude dari gelombang pada setiap satuan waktu.Dengan klik dua kali pada vertical ruler ini akan mengubah format tampilan secara otomatis.
5. Horizontal ruler , terletak di bawah sepanjang tampilan gelombang dan berfungsi sebagai garis waktu.Dengan klik kiri dan tahan pada horizontal ruler berfungsi untuk menggulung ke depan maupun ke belakang.Dengan klik kanan dan than pada horizontal ruler berfungsi untuk memperbesar atau memperkeci gelombang secara horizontal.
6. Time display , menunjukkan durasi waktu pada saat proses recording maupun playingsuatu gelombang tunggal.
7. Organizer window , merupakan jendela pegangan yang memudahkan dalam pemilhan file maupun efek yang akan di buka maupun di tutup.Untuk menampilkan dan menutup organizer window dapat dilakukan dengan cara memilih menuView > Show Organizer Window , atau tekan Alt + 9 .
8. Selection/view controls , menunjukkan titk awal samapi akhir dan panjang waktu pemilihan serta panjang waktu total suatu gelombang.
9. Transport button , berfungsi sebagai pusat control beberapa pusat , seperti play , stop , record , dan lain – lain.
10. Zoom button , digunakkan untik memperbesar atau memperkecil gelombang baik secara horizontal maupun vertical.
11. Level meter , merupakan monitor volume atau amplitude sinyal gelombang masuk dan keluar.Untuk menampilkan level meter pilih menu View > Show Level Meters , atau tekanAlt + 7.Untuk mengaktifkannya pilih menu Option > Shows Level on Play and Record.
12. Status bar , menampilkan variasi dari informasi yang berhubungan dengan file properties , free resources , dan waktu.
Alat dan Bahan
1. 1unit computer
· Minimum Pentium 4 /Processor Intel Djal Core atau lebih besar
lebih baik
· Memori / RAM 2 GB atau lebih besar labih baik
· Hard disck 420 GB atau lebih besar
· Sound card bebas
· VGA 256 MB
2. Sofawre Adobe Audition
1.5
3. Mixer Yamaha MG82cx/8
channel
4. Kabel
5. Sound card
6. Microphone
7. Speaker
Langkah Kerja
Membuat jingle dengan menggunakan software
adobe audition 1.5
1. Proses Membuka
Aplikasi Adobe Audition 1.5
· Double Klik pada
aplikasi Adobe audition 1.5 pada tampilan berikut ini :
· Tampilan awal pada
Adobe audition 1.5
2. Proses Perekaman Suara
· Klik ctrl +N
· Maka akan muncul
tampilan seperti yang di bawah ini.
· Klik tombol
merah (recording)
· Maka akan muncul
proses perekaman suara
3. Peroses Menormalize
· Blok terlebih dahulu
suara yang akan di normalize > kemudian klik ok
· Maka hasilnya akan
lebih besar dan lebih teratur.
4. Proses Pemotongan
Suara(cut)
· Blok terlebih dahulu
nsuara yang akan di potong > klik kanan > pilih cut.
· Atau bisa juga dengan
tekan tekan delet
5. Proses delay effect
prosesing
· Untuk memberikan
effect pada suara,maka klik diley effect > echo > ok
6. Proses penggabungan
suara (Mixdown)
· Klik pada pojok kanan
atas untuk mengganti siglke track menjadi multi track
· Klik open pada folder
file > pilih tempat anda menyimpan suara yang akan di gabungkan > klik
open > maka akan muncul secara otomatis suara yang di masukan tadi.
· Masukan suara yang
sudah ada dengan cara klik > geser pada tab yang sudah tersedia pada multi
track.
· Edit siara yang sudah
anda masukan agar tidak kasar di dengar oleh telinga
· Jika sudah selesai
maka blok semua suara tadi > klik kanan >pilih mixdown file > tunggu
proses mixdown selesai.
· Maka akan muncul
hasil suara yang sudah di gabungkan.
7. Proses penyimpanan
file (save)
· Klik file > save as
> pilih tempat penyimpanan > ketik nama file > pilih format mp3 >
save > tunggu hingga proses penyimpanan selesai.
· Maka jika sudah
tersimpan akan bisa dilihat hasilnya seprti ini.
Prosedur pengujian
Ø Buka aplikasi winamp
atau aplikasi pemutar music lain
Ø Cari jingle yang telah
di buat
Ø Tekan tombol play pada
music
Ø Jika jingle tersebut
bisa di play bisa berarti sudah siap untuk di pancar luaskan
3.3.5. Masalah dan pemecahannya
A. Masalah
v Ketika proses take
vocal tidak berjalan seperti semestinya
v Microphone tidak
terdeteksi untuk memasukan suara
B.
Pemecahan
· Sebaiknya vocal yang anda
masukan di normalize agar hasil yang kita inginkan bisa lebih teratur dan lebih
besar
· Periksa terlebih
dahulu kabel pada mixer yang terhubung.
· Pastikan kabel pada
mixer terhobung pada slot line input dan speaker terhubung pada slot line out.
· Cek kembali apakah
suara yang kita masukan sudah terdeteksi,jika belum terdeteksi klik double klik
pada gambar sound volume do pojok kanan bawah
· Klik options >
pilih properties >pilihan mixer device ada line in/ mic in dan Realtek HD
Audio rear output
· Pilih line in/mic in
> OK
· Pada Recording Control
ceklis bagian bawah pada line volume > close.
Casino Site - LuckyClub
BalasHapusLooking for a way to get into the casino at Lucky luckyclub Club? Enjoy casino games with the ultimate online gaming experience. Register online today to get Rating: 4 · 15 votes
Pengertian Adobe Audition ~ Welcome To Muhammad Solihin >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Pengertian Adobe Audition ~ Welcome To Muhammad Solihin >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Pengertian Adobe Audition ~ Welcome To Muhammad Solihin >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK Zk